Jelajah Tempat Kongkow di Sumatera Utara

Penatapan Berastagi

Kalau ingin menikmati keindahan alam pegunungan di Sumatra Utara, Anda bisa memilih Penatapan Berastagi. Di sini juga Anda bisa mendapatkan kenikmatan menyantap jagung bakar ataupun jagung rebus. Anda juga akan disuguhi keindahan pegunungan dengan udara yang sejuk. Letaknya ada di Kota Berastagi terletak di daratan tinggi Karo.

Dari kota Medan Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Transportasi ke Berastagi Anda bisa menggunakan kendaraan umum menuju daerah Padang Bulan. Dari sana Anda bisa mencari Penatapan Berastagi. Kelezatan jagung akan semakin terasa kalau Anda santap di tempat.

Udara dingin sambil diiringi dengan suasana pegunungan nan indah cukup membayar rasa capek sepanjang perjalanan. Sepanjang Penatapan di Jalan Jamin Ginting menuju Kota Berastagi Anda akan banyak ditawarkan dengan jajanan ringan.

Lokasi ini biasanya paling banyak dikunjungi kala akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu. Lokasinya seperti Puncak di Bogor yang kerap ramai di akhir pekan. Eko Nugraha, salah satu pengurus Sosro mengatakan kalau tempat ini memang paling favorit untuk menikmati jagung bakar. Apalagi kita bisa melihat pemandangan ke arah Gunung Sibayak.

Jagung bakar yang ditawarkan di sini tidak hanya sekadar jagung bakar biasa. Di kedai sepanjang jalan Anda bisa memilih aneka rasa jagung. Ada rasa pedas yang dilumuri saos cabe. Atau hanya sekedar dibalut rasa asin dari mentega.

Bisa juga Anda memilih jagung rebus. Minta saja ke penjual jagung rebus muda. Ehmmm, nikmat rasa jagung manis akan menyeruak. Tapi karena hawa di Penatapan Berastagi cukup dingin. Kalau memang Anda tidak puas dengan makanan ringan berupa jagung bakar. Anda bisa memilih makanan berat, seperti mie atau nasi goreng. Tapi beberapa makanan berat memang bukan hal yang paling khas di Penatapan Berastagi. Kenikmatan menyantap jagung kurang lengkap tanpa pasangan minum yang pas. Teh botol Sosro yang segar akan sangat pas sebagai pilihan minuman Anda.

Lau Debuk-Debuk

Selain Penatapan, kawasan Berastagi juga memiliki  Taman Wisata Alam (TWA) Lau Debuk-Debuk yang berlokasi di Desa Doulu, Kecamatan Brastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Lokasinya sekitar 10 km dari Bandar Baru menuju Brastagi, tepat di kaki Gunung Sibayak dengan ketinggian 2.100 m dari permukaan laut.

Karena letaknya berada di kaki Gunung Sibayak yang merupakan gunung berapi masih aktif, taman wisata alam ini memiliki kolam air panas yang mengandung belerang. Warga setempat meyakini air paanas ini dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Mata air panas ini muncul melalui retakan dari aliran lava di selatan lereng Gunung Sibayak. Mata air panas ini kemudian ditampung ke dalam kolam-kolam. Terdapat 5 kolam pemandian yang temperatur airnya mencapai 35 derajat celcius dengan suhu udara disana mencapai sekitar 27 derajat celcius.

Lau Debuk-Debuk memiliki panorama alam yang indah dengan udara bersih. Kawasan yang luasnya mencapai 7 hektar ini didominasi oleh permukaan tanah yang rata. Para pendaki Gunung Sibayak kerap melewati Lau Debuk Debuk. Sebagian dari para pendaki banyak memanfaatkan kolam-kolam air panas ini untuk melepaskan penat setelah melakukan pendakian, dengan cara berendam di dalam kolam tersebut.

Pengunjung Taman Wisata Alam Lau Debuk-Debuk bukan hanya dari kawasan Sumatera Utara saja, pelancong dari Jakarta dan Jawa Barat tercatat banyak yang terpesona panorama dan manfaat air panas Sibayak ini.

Selain karena panorama alam, kesejukan udara, dan air panasnya, kawasan Lau Debuk-Debuk juga merupakan salah satu tempat keramat bagi penganut aliran kepercayaan orang Karo. Penganutnya disebut “Kalak Pemena” (kepercayaan animisme). Tak jauh dari kolam-kolam penampungan air panas terdapat sumur serta kotak-kotak kecil yang dipakai sebagai pemujaan.

Pada hari-hari tertentu, menurut hari-hari Karo, para penganut aliran kepercayaan “Pemena” ini melakukan acara “Erpangir” (mandi bersihkan diri dengan air bunga) di Lau Debuk-debuk. Air bunga disebut “Lau Pangiren” terdiri dari jeruk purut, rimo malem (jeruk biasa) dan bunga rampai. Sebelum “Erpangir” mereka terlebih dahulu menyerahkan sesajen. Kegiatan “Erpangir” ini bagi para penganutnya dianggap sebagai acara sakral. Acara “Erpangir” serta tempat keramat yang ada di Lau Debuk-debuk ini menjadi salahsatu wisata religi Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Kawasan Lau Debuk-debuk sangat kaya pesona wisata. Tak hanya kolam air panas dan panorama alam yang indah dengan udara sejuk saja yang dapat dinikmati para pelancong. Ter pula Air Terjun Sikulikkap yang mempunyai ketinggian sekitar 25 meter. Untuk mencapai tempat air terjun harus berjalan kaki menuruni tangga-tangga kecil sekitar 500 meter. Sepanjang jalan menuju lokasi kita akan menjumpai beragam pohon besar. Hutan di daerah ini terasa lebih basah dengan lumut yang tumbuh di bebatuan, karena letaknya yang cukup tinggi dan embun butir-butir air terjun yang membasahi.

Untuk dapat mencapai lokasi Taman Wisata Alam Lau Debuk-Debuk bisa ditempuh dengan menggunakan beragam kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat dengan jarak sekitar 60 km ke selatan Kota Medan, posisinya sekitar 3 km dari Sikulikap. Kendaraan umum jurusan Medan – Brastagi tidak dapat memasuki lokasi Taman Wisata, hanya bisa sampai di persimpangan (pos polisi Desa Doulu). Dari sana perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 km. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi juga perlu jalan kaki, tapi hanya sekitar 300 meter dari tempatb parkir.

Danau Toba

Jika kita berwisata ke Sumatera Utara, tak lengkap rasanya kalau tak berkunjung ke Danau Toba. Sebagai danau yang sangat luas, Toba memiliki banyak tempat tetirah yang menarik. Apabila Anda berkunjung ke Danau Toba, Anda mungkin heran karena mendapati danau ini lebih mirip lautan dibandingkan danau. Suasana yang adem dan menyegarkan, pemandangan yang indah dan memesona, dengan pegunungan yang mengelilingi daerah ini mungkin akan membuat Anda betah. Pulau Samosir terletak dengan megahnya di tengah-tengah pulau.

Danau Toba berukuran sekitar 1700 meter persegi dengan kedalaman kurang lebih 450 meter. Terletak 906 meter di atas permukaan laut, tempat ini merupakan surga bagi banyak tumbuhan menarik. Danau ini juga merupakan danau terbesar serta terdalam di Asia Tenggara. Danau Toba Na Uli, Itulah ungkapan yang sering terdengar dari mulut orang Batak yang artinya Danau Toba penuh pesona. Siapapun yang datang kesana akan berdecak kagum menatapnya. Airnya terlihat tenang dan membiru dengan udaranya yang segar menambah kenyamanan lokasi ini.

Untuk sampai ke Danau Toba dari kota Medan, biasanya orang akan menuju ke kota Parapat terlebih dulu. Jika menggunakan mobil, waktu tempuh antar kedua kota yang jaraknya kurang lebih 185 kilometer ini ialah sekitar 4 jam. Panorama Danau Toba dari sisi Parapat rasanya sudah umum diketahui orang. Tetapi keindahan danau ini bisa pula dinikmati dari berbagai sisi.

Melihat keindahan Danau Toba bisa dilakukan dari berbagai tempat. Salah satunya dari Kabupaten Balige, Sumatra Utara. Wisata alam di kota ini sangat luar biasa. Berkeliling di Balige bisa menggunakan becak vespa. Saat ini di Balige ada sekitar 500 becak vespa. Namun masih kurangnya infrastruktur penunjang wisata membuat kawasan Balige tak banyak dikunjungi wisatawan asing.

Balige merupakan ibukota Kabupaten Tobasa. Tempat ini memiliki panorama pantai yang indah. Jika Anda datang ke bibir pantainya, untuk menunggu saat matahari terbenam, Anda bisa bersantap ikan emas panggang atau natinombur dengan bumbu andaliman. Salah satu hidangan khas Batak ini bisa Anda jumpai di beberapa desa tepi pantai. Mulai dari Desa Lumban Silintong, Tara Bunga hingga ke Meat. Dari pusat kota Balige, Anda hanya butuh beberapa puluh menit naik kendaraan untuk mencapai desa-desa tersebut.

Dari Kota Balige, Anda juga bisa mengunjungi rumah budaya Jangga Dolok. Inilah daerah pemukiman rumah Batak dengan ornamen Batak tradisional. Jaraknya 38 kilometer dari kota Balige. Rumah budaya Jangga Dolok telah berumur sekitar 200 tahun dan telah dihuni hingga 8 generasi sampai sekarang. Disini pula Anda akan mendapatkan bermacam corak dan warna ulos adat buatan tangan. Anda pun dapat melihat langsung bagaimana penduduk setempat membuat ulos.

Dari Balige, kita dapat melajutkan tetirah ke Kabupaten Dairi untuk mengunjungi Tao Silalahi. Dalam bahasa Batak, tao berarti danau. Tao Silalahi merupakan bagian dari Danau Toba. Tao Silalahi secara administratif masuk ke wilayah Desa Silalahi, Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi. Berjarak sekitar 128 km dari Medan.

Bagi Anda yang baru pertama kali melihat Tao Silalahi pasti akan berdecak kagum menatap panoramanya. Betapa tidak, Tao Silalahi ini memiliki hamparan pantai yang sangat indah sepanjang 28 km. Meskipun dalam fasilitas pariwisata masih jauh tertinggal dibandingkan dengan Parapat atau Tuk-Tuk Samosir, namun Tao Silalahi memiliki potensi alam untuk dikembangkan sebagai wisata air dan olah raga pantai. Jika Anda menyusuri Desa Silalahi Anda pun akan menemukan bangunan bersejarah berupa 42 rumah adat berusia sekitar 250 tahun. Dahulu, desa Silalahi merupakan sebuah kerajaan yang dibangun oleh Raja Silalahi Sabungan.

Jika Anda ingin datang ke Tao Silalahi, bisa ditempuh lewat dua jalur darat. Pertama, melewati jalur lintas Medan-Sidikalang, ibu kota Kabupaten Dairi, kemudian diteruskan melalui jalur Merek-Raya. Kedua, melalui jalur lintas Medan-Pematang siantar yang juga harus diteruskan melewati jalur Merek-Raya. Jalur Merek-Raya merupakan jalur penghubung kota Pematangsiantar dengan kabupaten Dairi.***

One thought on “Jelajah Tempat Kongkow di Sumatera Utara

  1. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI berikan 4 angkah 6359 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI. dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI.. sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel .
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di 0823 1333 6747,, insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 175 juta, wassalam.
    makasih yang punya room….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s