Perjalanan Seribu Pulau

November hingga Desember 2008 ini, saya melakukan perjalanan ke pulau-pulau di kawasan Indonesia Timur. Pulau Buton, Pulau Muna, Kepulauan Tanimbar, dan Kepulauan Aru yang saya kunjungi. Untuk mengunjungi pulau-pulau tersebut saya singgah di Makassar, Kendari, dan Ambon. Senangnya bisa bersua dengan teman-teman lama di kota-kota tersebut.

Saat catatan ini saya tulis 19 November 2008, sedang di Bandara Pattimura, Ambon. Menikmati akses internet lelet sambil menunggu pesawat Trigana yang akan membawa saya ke Saumlaki, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB). Di Saumlaki, saya akan mengunjungi beberapa desa di Kepulauan Tanimbar.

Dari Saumlaki di Kepulauan Tanimbar, saya akan menuju Kepulauan Aru. Entah lewat laut atau udara. Tergantung moda transportasi yang akan saya dapatkan nanti.

Maluku Tenggara terdiri atas gugusan pulau-pulau. Tanimbar, Kei, dan Aru terdapat di Maluku Tenggara. Untuk menghubungkannya, satu ferry KMP Kormomolin menyusurinya untuk mengantar orang, barang dan hewan.

Baru Pulau Buton dan Pulau Muna yang saya telah kunjungi. Banyak cerita menarik dan berbagai kearifan lokal warga di sana dalam menjalani hidup. Kehidupan di pulau-pulau itu sangat tergantung dengan alam. Saat memasuki musim angin barat yang menimbulkan ombak di laut besar, pendapatan mereka menurun. Bahkan banyak juga yang tidak dapat memperoleh pendapatan sama sekali, karena tak bisa melaut.

Sampai jumpa dengan cerita-cerita saya nanti usai perjalanan ini.

8 thoughts on “Perjalanan Seribu Pulau

  1. semakin banyak perjalanan yang kita tempuh akan semakin banyak pula melihat dinamika kehidupan yang mengajarkan kebijakan hidup.

  2. @ Marwan
    Perjalanan dikau kan lebih seru…

    Semoga draft bukunya bisa segera selesai..
    Tapi rencanya akan didahulu oleh buku sederhana tentang Cirebon dulu.

    @jumeno
    Yup.. belajar narsis…
    Secara dari dulu tidak punya potret diri🙂

  3. hey, menyenangkan sekali. benar, langsung saja buat bukunya. buatlah tulisan menarik yang tidak nasi-goreng alias pasaran jadi para pembaca bisa mendapatkan sisi unik dari tulisanmu (dan gegambaran di dalamnya tentu saja…)

    NB : hey, ada yang membahas ttg Cirebon. saya akan ke TKP aaah😀

  4. kPAn nEhH jLaN2 Nya Ke dAeRAH sUmaTra UtaRa….

    Asyik LhOo kYaK gTuUu….

    sMoGa TmBh sUkseS pERjaLAnan seriBu puLaU……

    di dUkuNg dNgn dOa…..

    AMIEN…….

    By: bUnJABeL….

    LeZzTari…..!!!!

Leave a Reply

