Sanitasi, Tema Hari Air Dunia 2008

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret. Peringatan ini merupakan wahana memperbarui tekad kita untuk melaksanakan Agenda 21 yang dicetuskan pada tahun 1992 dalam United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) yang diselenggarakan di Rio de Janeiro, atau secara populer disebut sebagai Earth Summit.

Hari Air Dunia mulai diperingati sejak tahun 1993 oleh negara-negara anggota PBB. Setiap tahunnya, pada Hari Air Sedunia terdapat tema khusus agar menjadi perhatian bagi warga dunia tentang betapa pentingnya air sebagai sumber kehidupan. Pada tahun 2008 ini, dijadikan Tahun Sanitasi Internasional, sesuai dengan tema World Water Day yaitu sanitasi.

Sanitasi yang baik menjadi sangat penting karena dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit khususnya diare. Kematian akibat diare sebanyak 1,8 juta jiwa setiap tahunnya. Penyebab utamanya adalah sanitasi yang buruk dan rendahnya kualitas kesehatan.

Pada tingkat dunia, seperti yang dilaporkan dalam Water Supply & Sanitation Collaborative Council, sebanyak 2,6 milyar manusia atau 40% penduduk dunia tidak memiliki akses untuk mendapatkan sanitasi dasar.

Tema Hari Air Dunia
Tema Hari Air Dunia (World Water Day – WWD), setiap tahun ditetapkan oleh PBB berganti-ganti, sesuai dengan isu sumber daya air yang dianggap penting pada saat itu dan perlu mendapatkan perhatian dunia.

1994: “Caring for Our Water Resources is Everyone’s Business” (Peduli akan Sumberdaya Air adalah Urusan Setiap Orang);
1995: “Water and Woman” (Wanita dan Air);
1996: “Water for Thirsty City” (Air untuk Kota-kota yang Kehausan);
1997: “The World’s Water: is There Enough ?” (Air Dunia: Cukupkah ?);
1998: “Groundwater – the Invisible Resource” (Air Tanah Sumber Daya yang Tak Terlihat);
1999: “Everyone Lives Downstream” (Setiap Orang Tinggal di Bagian Hilir);
2000: “Water for 21st Century (Air untuk Abad 21);
2001: “Water for Health” (Air untuk Kesehatan);
2002: “Water for Development “ (Air untuk Pembangunan);
2003: “Water for Future” (Air untuk Masa Depan);
2004: “Water and Disasters” (Air dan Bencana);

PBB dalam Sidang Umum ke-58 bulan Desember 2003 menetapkan, “international Decade for Action; Water for Life 2005 – 2015”. Tema-tema HAD dalam satu dasawarsa tsb. mendukung “Water for Life”.

2005: “Water for Life” (Air untuk Kehidupan);
2006: “Water and Culture” (Air dan Budaya);
2007: “Coping with Water Scarcity” (Mengatasi Kelangkaan Air).
2008: “Sanitation” (Sanitasi) untuk mendukung INTERNATIONAL YEAR OF SANITATION.

17 thoughts on “Sanitasi, Tema Hari Air Dunia 2008

  1. Hai, Nama Saya Donny dan saya sudah menekuni Internet Marketing selama 3 Tahun, dan saya akan membeberkan semua rahasia say di website saya karena saya ingin sekali membantu teman2 yang ingin berhasil lewat Internet Marketing Mohon sabar karena website saya masih dikonstruksi.

    Salam Sukses
    Thanks.

  2. Tema hari sedunia untuk tahun ini adalah sanitasi. Ini menunjukkan betapa pentingnya masalah sanitasi dalam menjaga kelestarian air bersih. Sebab tidak mungkin air bersih tersedia sementara faktor-faktor pencemarnya tidak ditangani dengan baik.

    Pengalaman sebagai salah satu tim komunikasi sebuah pengembangan program sanitasi dalam pelaksanaan kampanye kepedulian sanitasi di 6 kota, menunjukkan istilah sanitasi belum dikenal oleh masyarakat, padahal setelah disampaikan bahwa hal ini terkait dengan upaya penyehatan lingkungan yang terkait dengan pengelolaan limbah, sampah dan drainase lingkungan, mereka baru mengerti.

    Pilihannya ada 2 yaitu mencari padanan kata sanitasi yang hingga kini belum ada yang cocok, atau mempopulerkan istilah sanitasi itu sendiri. Nampaknya pilihan kedua yang lebih aman mengingat tak satupun padanan kata yang tepat yang dapat dipakai.

    Dalam pameran hari air sedunia program kami meluncurkan istilah SENSANITASIONAL sebagai terobosan dalam rangka lebih mempopulerkan istilah sanitasi sekaligus upaya meningkatkan kepedulian masyarakat pada masalah ini.

  3. Makasih Bos, saya udah kunjungi situs beritacerbon, sangat menarik,apalagi ada Cerbon TV di dalamnya, beritacerbon TV tak kalah menariknya dengan Kompas TV. Salut ama karya teman-teman pena. Oke entar kapan-kapan saya main ke sana.

  4. Pingback: S A N I T A S I « WELLCOME TO BUNG NGARI

  5. saya butuh pembicara atau pelatih u sanitasi air.

    bagaimana air sungai, kali, dan air hujan dapat di olah untuk dapat di konsumsi oleh masyarakat.

    tolong kalo ada yang tau kabari saya di

    conny_chard@yahoo.com.

    pelatihan ini berguna untuk masyarakat sumba barat. ntt.

    tx n GBU

  6. Hai,
    Nama saya Rudi, Sudah hampir 3 tahun ini saya fokus pada sanitasi dan sudah mendesain beberapa sistem pengelolahan limbah rumah tangga dan sudah banyak proyek saya untuk rumah, sekolah, rumah sakit dan perkantoran. sistem yang kita buat, tidak ada limbah yang kita buang ke got (parit) karena itu adalah sumber penyakit dan kita buat sarang nyamuk dan penyakit lainnya. untuk lebih jelasnya kunjungi situs kami dan kita akan siap membantu.

    Terima kasih
    Rudi Arifianto,ST

  7. Save Our WATER For All ; Air benda sosial sekaligus benda ekonomi. Jika ada segelintir orang atau kelompok dan siapa saja mengambil keuntungan di tengah ketidaktahuan, keterbelakangan informasi dan pengetahuan masyarakat tentang air, perlu mendapatkan siraman rohani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s