Sejam Bersama Gutsy, Ubuntu versi 7.10

Akhirnya si D400, yang selama ini akarab dengan Ubuntu 7.04 berganti pasangan. Sehari upagradesebelum dirilis resmi, D400 sudah berpasangan dengan Ubuntu 7.10 yang akan dirilis esok, 18 Oktober. Oya, yang saya pakai ini versi versi Release Candidate, karena secara resmi kan dirilis esok. Selain lebih dulu, cara menginstall-nya juga beda. Dulu saat mau menginstall 7.04, harus jalan dulu ke GudangLinux untuk mencari CD-nya.

Kini walau berada di kampung, upgrade lewat internet merupakan cara yang dipilih. Selain cepat, tak perlu jalan mencari CD juga bebas biaya. Akses internet tak dihitung karena saya berlangganan bulanan dengan tarif flat.

Caranya upgrade dari Ubuntu versi 7.04 ke 7.10 sangat mudah. Tinggal mengikuti petunjuknya lalu klik-klik aja. Oya, petunjuk itu akan dihapus setelah versi 7.10 dirilis secara resmi. Setelah itu menunggunya hingga sekitar 4 jam dengan menggunakan akses speedy di Cirebon pada malam hari. Dalam proses menunggu itu D400 dibiarkan menerima kirimam 1200an file. Sedangkan saya, minum kopi, makan, terus ke studio musik dulu berhaha-hihi dengan para pemusik tua di Plered.

Sekembalinya di dari sana, semua file sudah diunduh. Lalu tinggal klik-klik lagi dech hingga akhirnya diminta restart.

Saya belum menelusurinya lebih jauh apa perbedaan versi 7.04 dengan 7.10. Yang terasa beda ia memiliki Restricted Driver yang mengenali modem dan si Brooadcom 43xx yang dulu harus dielus baik-baik. Dengannya, wifi D400 langsung nyala.

Lainnya yang baru saya temukan adalah Flickr Uploader. Lumayan, upload-upload foto tinggal klik saja. Ya segitu dulu saja laporan berkenalan dengan Ubuntu versi 7.10, si Gutsy Gibbon. Maaf hanya itu yang dapat saya sampaikan, karena baru klak-klik Gutsy sejam. Semoga nanti bisa menemukan kelebihan-kelebihan Gutsy lainnya. Selamat datang Gutsy! Semoga makin banyak yang menggunakan engkau.

12 thoughts on “Sejam Bersama Gutsy, Ubuntu versi 7.10

  1. Iseng aja gak ada kerjaan. Keren juga sih, ikon-ikonnya banyak yang baru. Jadi pelajaran teknologi informasi di sekolah yang memperkenalkan ikon buat apa ya?🙂

    cuma anehnya, akses internet jadi rada lelet nih😦

  2. wah, baru keluar ya? tangan gatel mo langsung cobain… soale pake 7.04 kemarin broadcom saya di laptop compaq 3412 masih belum kedetect… mudah2an nti bisa

    ditunggu repiu nya kang asep….

  3. Saya sangat gembira kini Timor Leste juga telah mengakses Ubuntu,dan masi tahap belejar,dan kalau bisa kirim Manual agar saya juga bisa mendalam dan di sertai dengan Sofware-nya

Leave a Reply

