Bersatu Menuju Warnet Legal dan Sehat

Kamis (4/10) malam, Warnet Planet di salah satu sudut pusat kota Cirebon tampak lebih meriah dari biasanya. Beberapa orang yang datang ke warnet itu menuju satu ruang di lantai dua. Mereka datang bukan untuk merazia warnet tersebut. Puluhan orang yang datang malam itu justru para pengelola warnet di Cirebon.

Mereka datang untuk bersilaturahmi dan bertukar pikiran dalam pengelolaan warnet. Arief, salahsatu pengagas acara malam itu mengatakan isu utama yang diusung adalah legalitas warnet, terutama masalah softwarenya. “Tapi ketika berbicara masalah legalitas, legalitas lembaga warnetnya juga harus diperhatikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Dedi Budi Darmawan, Ketua Cirebon Information Community (CITC) yang membuka proses curah pendapat mengatakan Undang-undang hak cipta yang telah berlaku beberapa tahun ini mengharuskan kita untuk menggunakan komputer secara legal. “Tentunya dalam berbisnis, para pengelola warnet juga ingin tenang dan tak dihantui kecemasan razia dari penegak hukum,” ucap Dedi.

CITC, imbuh Dedi, telah memikirkan masalah legalitas ini jauh-jauh hari. “Bagi kita warnet merupakan salahsatu ujung tombak pendidikan dan pengembangan dunia teknologi informasi di Cirebon,” ucapnya. “Kami ingin membantu warnet untuk legal. Baik yang ingin menggunakan software berlisensi berbayar, maupun yang opensource kami akan dukung.”

Setelah melalui proses bertukar pikiran dan gagasan yang penuh keakraban mereka bersepakat untuk membuat satu wadah pengelola warnet Cirebon. “Agar kita lebih enak dalam melakukan berbagai upaya menuju warnet legal, kita perlu wadah. Mari kita buat paguyuban atau asosiasi untuk memikirkan bisnis warnet, mulai dari legalitas, etika, dan urusan tarif. Sehingga warnet di Cirebon menjadi warnet yang sehat dan legal semua,” papar Ame, salah satu pengelola warnet.

Karena malam itu yang hadir tidak semuanya pemilik atau punya kewenangan memutuskan bergabung dengan wadah yang akan dibentuk, maka dibuat dulu badan pekerja. Badan pekerja ini merumuskan konsep lembaga serta rencana-rencana lembaga. Setelah itu mereka akan mengadakan lagi pertemuan untuk mematangkan rencana pembentukan paguyuban atau asosiasi warnet Cirebon itu.

Sedangkan para utusan pengelola akan menyampaikan hasil pertemuan kepada para pemilik warnet. Akhirnya, mereka akan bertemu kembali di tempat yang sama awal pekan depan untuk menjadikan warnet di Cirebon legal dan sehat.***

4 thoughts on “Bersatu Menuju Warnet Legal dan Sehat

  1. bagi warnet yang memilih open source, kami akan memberikan dukungan. Tentunya, Om ded harus ikut bantu kalo kami mengalami kesulitan:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s