Menabung di Blog, Meraup Untung di Buku

Kian hari makin banyak saja orang yang menyampaikan gagasannya pada Blog. Mulai dari catatan pribadi sehari-hari, pengalaman hingga kritik-kritik terhadap pengelola negara. Menikmati gagasan-gagasan cerdas di blog sungguh menyenangkan. Kita dapat berkomentar setuju atau keberatan dengan gagasan tersebut. Sehingga gagasan yang muncul dapat memperoleh masukan dari berbagai sisi.

Blog juga menjadi sarana belajar menulis yang efektif. Kita dapat menulis satu kalimat, satu alinea atau ribuan kalimat. Tidak ada orang yang melarang kita menulis apapun dan sepanjang apapun. Kebebasan itu tentunya menuntut tanggungjawab. Tapi adanya ruang dialog berupa komentar-komentar dari pembaca, membuat penulis blog (blogger) harus menjaga integritasnya. Jangan sampai orang malas lagi berkunjung ke blog kita karena arogansi kita sebagai penulisnya.

Menulis di blog sangat menyenangkan. Dan juga bukan merupakan beban. Kalau satu hari kita menulis satu artikel, sebulan kita telah menulis 30 artikel. Sebuah jumlah yang cukup untuk menulis buku. Puluhan artikel tersebut berpeluang menjadi sebuah buku. Dan kumpulan artikel itu berpeluang menjadi buku laris.

Masalahnya menerbitkan buku bagi sebagian orang sangat sulit. Biaya mencetak buka tidak sedikit. Belum lagi urusan distribusi dan pemasarannya. Bagi pelulis pemula, mencari penerbit yang akan tergoda menerbitkan karya kita bukan hal yang mudah.

Langkah cerdas dan menggembirakan datang dari Innova. Ia menggelar program penerbitan buku dari blog. Inspiring Blog Competition 2007 (IBC 2007), nama programnya. IBC 2007, yang mengusung jargon “Bukukan Blogmu, Inspirasikan dunia” juga dirancang menjadi program sosial. 50% keuntungan penjualan buku akan disumbangkan dalam program pengadaan buku bacaan bagi siswa sekolah.

Program tersebut dapat membantu kita menyebarkan pengetahuan. Dengan IBC 2007, artikel yang selama ini kita tabung di blog dapat dibaca oleh lebih banyak orang. Selain itu, kita juga dapat menambah isi dompet. Persyaratan dan mekanisme pendaftarannya sangat mudah. Daftarkan artikel blog Anda di IBC 2007 sekarang!***

20 thoughts on “Menabung di Blog, Meraup Untung di Buku

  1. …membuat penulis blog (blogger) harus menjaga integritasnya. Jangan sampai orang malas lagi berkunjung ke blog kita karena arogansi kita…

    semoga bukan arogansi..krn saya hanya sanggup posting (nyaris) tanpa blogwalking, jd maapken bila tdk semua komentar sanggup dikomentari / dikunjungi balik..maklum saya kafir..😀

  2. Kan gak perlu semua komentar dijawab🙂
    Apalagi akses internet di Indonesia ini mahal dan susah. Jadi perjuangan tersendiri untuk jalan-jalan ke semua blog.

  3. Kang Asep, kalau seperti saya bagaimana? Kritik saya lebih banyak tertuju bukan kepada pengelola negara, melainkan pengelola media massa hehehe.

    Ada daftar hitam pelamar nggak ya kira-kira?🙂

  4. Wah, sejak dulu saya ingin mengumpulkan yang suka membuat kritik pada pengelola media.

    Indonesia sangat mebutuhkan kehadirannya. Mari kita kritik dari mulai urusan tenaga kerja, utang pajak pada negara, melanggar aturan frekuensi, hingga standar jurnalistiknya.

    Ikram, jangan kerja di media dech. Mending buat media aja. Biar bisa menerapkan pengelolaan media yang sehat :-p

  5. Terima kasih atas reviewnya. semoga program ini bisa berjalan dengan lancar dan mampu menggugah banyak pihak, baik itu blogger, pembaca buku, dan pihak-pihak lain untuk sama-sama dapat berkontribusi memperbaiki pendidikan indonesia. karena saya yakin itu satu-satunya cara untuk bangkit dari krisis yang melanda kita.

    wassalam
    Ownernya innova bookshop
    terimakasih reviewnya…

  6. @xtraardeenary
    Semoga programnya sukses!

    @arul
    Menurut saya persyaratannya mudah. Minimalkan kan hanya 10 artikel. Bahkan tidak ada pembatasan tema.
    Semoga panitia dapat merancang persyaratan yang lebih sederhana.

  7. @Heri Heryadi
    Hingga saat ini juga saya belum mampu menulis buku sendiri. Paling nyelip beberapa lembar pada buku yang berisi kumpulan tulisan. Kalau dipaksa menulis buku kayaknya berat. Program membukukan blog ini, membuat kita berkesempatan punya buku🙂

    @Ikram
    Jangan jadi kritikus terus ya🙂 Sudah saatnya kita juga memberikan karya.

    @wisnhuwardhana
    Kan syarat minimalnya hanya sepuluh artikel. Yuk Ah Ngeblog lagi

    @nanang
    Tentu saja Om Nanang bisa ikut daftar. Yuk Ah daftar!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s