Membangun dengan Informasi

Ciayumajakuning memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Tentunya potensi itu mampu menyejahterakan rakyat jika dijalankan. Tanpa pengelolaan yang benar, potensi hanya akan menjadi benda mati.

Perdagangan merupakan sektor yang banyak ditekuni warga Cirebon. Sebagai kota pelabuhan, perdagangan merupakan aktivitas warga dari dulu. Industri kecil dan kerajinan rumah yang ada mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

Selain sebagai kawasan berniaga, Ciayumajakuning juga merupakan kawasan wisata yang menarik. Objek wisata yang ada sangat beragam. Mulai dari wisata pantai, wisata sejarah, wisata makanan, hingga wisata petualangan di gunung dimiliki Ciayumajakuning.

Mengelola sektor perdagangan dan wisata yang baik, akan mampu meningkatkan pendapatan daerah. Selain itu akan mendorong roda-roda perekonomian pada sektor lainnya. Pada muaranya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Salahsatu modal untuk meningkatkan sektor perdagangan dan wisata adalah informasi. Dengan informasi yang terpadu, akan mencuri perhatian pembeli dan wisatawan.

Pembeli tekstil dari mancanegara, akan melirik batik trusmi saat mencari batik ke Indonesia. Wisatawan juga akan melirik Ciayumajakuning jika ada informasi wisata yang lengkap.

Di sini dibutuhkan kerjasama semua pihak. Semua pemerintah daerah bersama-sama mengemas informasi. Mulai dari objek wisata hingga produk unggulan yang ada di daerahnya.

Kemudian pelaku usaha wisata, seperti pengusaha hotel dan travel mengemasnya jadi paket-paket wisata. Selanjutnya bersama pemerintah daerah di Ciayumajakuning melakukan penjualan paket-paket tersebut.

Pola tersebut menuntut kerendahan hati semua pihak. Prinsip utamanya adalah memajukan Ciayumajakuning. Sehingga semua pihak posisinya sama. Semua bekerjasama hingga Ciayumajakuning dikenal sebagai kawasan wisata dan produk-produk unggulan.

Pada akhirnya pemerintah daerah, pengusaha hotel dan perajin akan memperoleh manfaatnya. Tentunya pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat dengan sendirinya. Dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat seiring menambahnya kas keuangan daerah.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s