Mari Belajar Jurnalistik Lewat Internet!

Kini internet mampu membantu berbagai aktivitas kita. Mulai dari berkirim kabar, mencari dan berbagi informasi hingga menjadi sarana belajar yang efektif. Matranet, Brainmatics, Pena Indonesia dengan dukungan Unesco menyelenggarakan Sekolah Jurnalistik Lewat Ruang Maya.

Siswa diseleksi berdasarkan minat, komitmen serta ketersediaan akses internet serta memberikan prioritas bagi daerah di luar Jakarta. Sekolah Jurnalistik Lewat Ruang Maya berlangsung selama enam pekan. Setiap peserta harus mampu dapat akses internet setiap hari. Dalam beberapa kesempatan, semua peserta harus online bersamaan untuk melakukan diskusi dengan mentor.

Alur belajar Sekolah Jurnalisme Lewat Ruang Maya berlangsung selama enam pekan secara simultan. Jadi setiap siswa harus mengikuti seluruh materi. Pada setiap materi terdapat tugas. Untuk masuk ke materi berikutnya harus menyelesaikan tugas terlebih dahulu. Kelulusan berdasarkan hasil kuis dan penyelesaian tugas-tugas.

Proses belajar akan dimulai bulan Januari 2007. Untuk menjadi siswa, silahkan daftar melalui <http://wartawan.org/registration.php >. Pendaftaran ditutup tanggal 15 Januari 2007. Persyaratan bagi calon siswa adalah :

  • Bersedia mengikuti program ini hingga selesai
  • Terbiasa menggunakan internet
  • Bersedia mengakses internet setidaknya sehari satu jam
  • Mampu membaca bahan-bahan berbahasa Inggris
  • Memiliki kamera digital
  • Tinggal di luar Jakarta

Sekolah Jurnalistik Lewat Ruang Maya
:: Wartawan.Org = http://www.wartawan.org =

15 thoughts on “Mari Belajar Jurnalistik Lewat Internet!

  1. sayang saya telat mengetahui tentang sekolah ini. padahal saya butuh banget beljr jurnalistik. saya seorang peneliti yang ingin membagi hasil penelitian dengan tulisan yang lebih mudah diterima masyarakat (tidak terlalu mengandung bahasa ilmiah) bisa tolong saya. atau kapan lagi sekolah seperti ini dibuka ?

  2. haiii kapan mari belajar jurnalistik lewat internet yang berikutnya bakal dibuka????saya ingin sekali mengetahui tentang jurnalistik secara detail. karena basic saya juga mengambil jurusan komunikasi konsentrasi jurnalistik. dan saya punya keinginan menjadi seorang jurnalis yang tahu, apa itu jurnalistik?tidak sekedar menjadi seorang pencari dan penulis berita.. terima kasih

  3. wow keren abis kursus via net…telat..deh..saya pengen ikut. tp brliat infox.. tolong info baru kpn kursus dibuka lagi?…plisss sent to my e-mail…thx.n GBU

  4. aku sebenarnya ingin belajar lewat buku, tapi aku blm nemu bukunya, mau pinjam juga malu sebab aku skarang lagi magang di sebuah tabloid,tapi aku sama sekali gak ngerti ilmu jurnalistik, makanya dengan ikut belajar lewat internet ini aqu bisa tahu dunia tulis-menulis apa aku bsa langsung mendaftar? trus gratis apa bayar?

  5. aku sebenarnya ingin belajar lewat buku, tapi aku blm nemu bukunya, mau pinjam juga malu sebab aku skarang lagi magang di sebuah tabloid,tapi aku sama sekali gak ngerti ilmu jurnalistik, makanya dengan ikut belajar lewat internet ini aqu berharap bisa tahu dunia tulis-menulis apa aku bsa langsung mendaftar? trus gratis apa bayar?

  6. Nanti saat program tersebut membuka kelas baru, akan saya kabari lewat email Anda.

    Dalam belajar tidak perlu malu. Anda dapat mencari beberapa buku jurnalistik yang banyak tersebar di toko buku.

    Untuk Anda akan saya kirimkan beberapa bacaan yang saya miliki lewat email. Salam.

  7. pak apa masih ada program mari blajar jurnalis ini . . . .
    Soalnya sya penggin banget jadi jurnalis . . . . . . .
    Itu lah cita- cita saya pak . . . . .
    Kalau misih ada tolong dikabarin melalui e-mail saya yapak……
    Makasih . . . . .

Leave a Reply

