Stop Diskriminasi!

Stigma FoundationPenularan HIV di Indonesia melalui jarum suntik pada kalangan pengguna narkotika suntik jumlahnya sangat besar. Dan penanganan orang dengan HIV/AIDS (Odha) di Indonesia sangat sulit. Masalah utamanya adalah diskriminasi. “Saya pernah membawa teman pengguna narkotika yang sakit parah ke rumah sakit pemerintah di Jakarta. Petugas menolaknya,” papar Dadang.

Diskriminasi itulah yang menghambat berbagai program penanganan AIDS dan narkotika di Indonesia. Melihat peliknya diskriminasi itu Stigma, sebuah lembaga swadaya di Jakarta menggelar Diskusi Publik bertajuk Menjembatani Pengguna Napza dengan Masyarakat pada Minggu, 17 Desember 2006.

Diskusi yang diselenggarakan di Balai Krida kawasan Blok M Jakarta itu merupakan salah satu acara yang digelar Stigma. Yang menarik justru pagelaran teater, baca puisi serta aksi-aksi kawula muda yang peduli dengan AIDS dan narkotika. Yayasan Pelita Ilmu misalnya, para pegiatnya menampilkan teater mengenai dukungan bagi pengguna narkotika untuk meninggalkan perilaku buruknya.

Acara sederhana itu bagi saya sangat menarik. Berbagai lembaga juga menyediakan berbagai materi kampanye berupa buku, stiker, poster, flayer, VCD , hingga kondom.

Namun sayangnya pengunjung acara itu sebagian besar berasal dari lembaga-lembaga yang selama ini sudah bekerja untuk masalah AIDS dan narkotika. Menurut Dadang, harusnya yang datang ke sini para pejabat pemerintah aga tahu kebutuhan di lapangan.

Semoga di lain waktu acara itu bisa digelar kembali. Saya, Anda serta berbagai kalangan harusnya hadir pada acara seperti itu. Agar kita tidak hanya bisa bicara janji dan simpati, tapi bisa berbuat sesuai kemampuan agar AIDS tidak menyebar dan narkotika tidak disalahgunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s