Optimalkan Komputer dengan Perangkat Tambahan

Minggu siang awal Desember ini di pojok timur kawasan senayan sangat meriah. Dalam kemeriahan itu tampak seorang wanita yang sedang duduk di tempat teduh. Sambil mengunyah roti tangannya memasukkan satu lempengan ke dalam notebooknya. Selanjutnya ia tampak asyik dengan aktivitasnya. Terkadang senyum, tak jarang pula keningnya berkerut.

Mia nama panggilan wanita tersebut. Ia salahsatu pegiat lembaga peduli AIDS di Jakarta. Saat itu ia sedang berpartisipasi acara hari AIDS sedunia yang digelar di Senayan.

Sebagai pegiat yang sering beraktivitas di lapangan, Mia tak pernah lepas dari notebook kesayangannya. Dan akses internet merupakan salahsatu kebutuhan yang sangat penting baginnya. “Tak makan tidak masalah. Tapi internet harus ada di manapun,” ucapnya.

Untuk akses internet di luar kantor Mia kerap menggunakan berbagai saluran. Mulai dari wifi yang ada di café maupun tempat umum hingga menggunakan layanan internet dari operator seluler Code division multiple access (CDMA). “Ini modem CDMA yang sangat membantu,” ujarnya sabil menunjukkan lempengan kotak yang ia masukkan ke notebooknya.

Kini komputer telah menjadi teman yang sangat membantu beraktivitas. Dengan menambahkan beberapa perangkat tambahan, komputer akan memajakan kita dengan segala kemampuannya. Apalagi jika tersambung dengan internet, komputer kita laksana perpustakaan yang sangat besar dan lengkap.

Saat ini pengguna modem CDMA untuk mengakses internet jumlahnya belum banyak. “Di Mobile-8 pelanggan yang menggunakan modem CDMA baru mencapai 10% dari seluruh pelanggan,” ujar Dodie Iswadi staf Public Relation Mobile-8.

Dengan semakin banyaknya orang yang butuh akses internet di lapangan, menurut Dodie, jumlah pengguna modem CDMA semakin banyak. ZTE, Netac, dan Growell merupakan beberapa merek modem CDMA yang dipasarkan di Indonesia. “Kini semakin banyak yang tahu dengan modem CDMA akses intenet kecepatan tinggi dapat diperoleh di mana saja,” imbuhnya.

Internet telah membuat perubahan besar dalam peradaban manusia. Internet juga telah menghasilkan berbagai macam teknologi baru untuk mengoptimalkan manfaat internet.

Dengan internet berkecepatan tinggi kita dapat berkomunikasi dengan leluasa. Baik dalam bentuk data, suara, maupun audio visual. Dengan menambahkan perangkat yang terdiri atas microphone dan speakerphone (headset) Anda dapat berkomunikasi ke seluruh penjuru dunia. Dengan menggunakan perangkat tambahan tersebut, Anda dapat berkomunikasi dalam bentuk suara secara gratis melalui komputer yang terkoneksi dengan internet.

Mahalnya pulsa untuk komunikasi jarak jauh melalui telepon kini bukan kendala dalam menjaga hubungan pertemanan maupun bisnis. Dengan menggunakan voice over internet protocols (VoIP) pada komputer yang tersambung dengan internet komunikasi menjadi mudah.

VoIP pada dasarnya mengalihkan komunikasi suara menggunakan jaringan internet. Aliran “data” suara diubah jadi paket data yang ditransfer ke komputer lain yang tersambung pada jaringan internet. Jadi kita bisa berkomunikasi ke seluruh dunia tanpa terbebani pulsa telepon.

Cara yang paling mudah dalam berkomunikasi suara adalah memanfaatkan layanan Skype!, Yahoo! Messenger atau Google Talk. Untuk itu Anda harus memiliki account Skype!, Yahoo! Messenger atau Google Talk dan begitu juga dengan lawan bicaranya.

Lambat laun VoIP dapat menggantikan telepon saat ini. Dengan VoIP Anda dapat memanggil lawan bicara dengan hanya memijit angka layaknya memangil telepon biasa. VoIP Rakyat yang merupakan teknologi VoIP berbasis Session Initiation Protocol (SIP) menjadi solusi agar dapat memanggil lawan bicara dengan memijit nomor.

Dengan menjadi anggota VoIP Rakyat melalui situsnya dengan alamat http://www.voiprakyat.or.id, Anda akan mendapat nomor telepon dan tercantum dalam buku telepon online VoIP Rakyat. Setelah menginstall softwarenya Anda dapat berkomunikasi dengan sesama pengguna VoIP Rakyat.

VoIP Rakyat dipimpin oleh Anton Raharja dari ICT Center Jakarta & WAN DKI. VoIP Rakyat beroperasi mulai tahun 2005, dan dipindahkan ke Open IX sekitar bulan Januari 2006.

Zane, orang Indonesia yang telah tinggal di Las Vegas sekitar lima tahun tersebut kagum dengan kreasi anak Indonesia. “Kalau pemerintah mau memberi akses VoIP Rakyat ke nomor Telkom atau operator seluler lainya Indonesia akan maju,” ucapnya.

Menurutnya, perkembangan teknologi perangkat tambahan pada komputer telah mampu mempermudah pekerjaan dan meminimalkan biaya. “Dengan komunikasi semakin mudah dan murah, bisnis akan semakin lancar,” imbuhnya.

Bukan hanya komunikasi suara yang dapat dilakukan dengan komputer kita. Dengan menambahkan perangkat webcam pada komputer kita yang memiliki akses internet, kita dapat berkomunikasi dengan memandang wajah lawan bicara secara realtime.

Webcam adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor Anda dan dapat menangkap video serta gambar. Perangkat tersebut sangat mudah untuk digunakan. Selain itu Anda juga dapat menyimpan video yang dihasilkannya itu ke harddisk komputer. Sehingga kita dapat memutar ulang video tersebut.

Pengguna webcam di Indonesia kini jumlahnya semakin banyak dan berasal dari berbagai kalangan. “Hingga saat ini pembeli webcam lumayan banyak. Sebagian besar dari kalangan mahasiswa dan eksekutif muda,” ujar Srie Wahyuningsih, marketing asiadigital yang mengelola kios online tokologitech.com.

Banyaknya pembeli webcam dari kalangan mahasiswa karena mereka punya rasa ngin tahu yang tinggi. Namun untuk menggunakan webcam bukan hal yang sulit. Webcam yang paling banyak peminatnya dan sudah beredar di pasaran saat ini adalah yang menggunakan USB. Sehingga Anda tinggal memasang kemudian siap digunakan.

Menurut Srie, kini banyak yan membeli webcam berkualitas bagus. “Untuk memperoleh kualitas gambar yang bagus, banyak juga yang membeli webcam dengan lensa bagus tentunya dengan harga yang lebih mahal,” papar Srie.

Di pasaran harga webcam sangat bervariatif. Mulai dari yang berharga puluhan ribu hingga yang jutaan. “Untuk yang lensanya bagus harganya masih tinggi. Namun banyak juga kok yang membeli,” ucapnya.

Dengan notebook yang dilengkapi modem CDMA untuk akses internet dan webcam untuk berkomunikasi audiovisual Mia dapat menyelesaikan pekerjaannya di lapangan. Dengan berbagai perangkat tambahan ini, menurut Mia, ia dapat langsung mengirim laporan dalam bebagai format ke kantornya.

“Dengan webcam ini rekan-rekan di kantor dapat menyaksikan langsung acara di Senayan ini,” imbuhnya sambil memandang wajah rekan-rekannya di kantor.**

7 thoughts on “Optimalkan Komputer dengan Perangkat Tambahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s