Tips Penulisan – Artikel Kiat

Menjadi penulis lepas adalah cita-cita yang nyaman. Hobi yang bisa mendatangkan uang ini bisa dikerjakan di rumah dan bisa menjadi pekerjaan sambilan hampir tanpa modal.

Tak heran jika di banyak negara, menulis freelance artikel untuk koran dan majalah tetap menjadi jenis pekerjaan favorit bagi kaum perempuan meski mereka telah merambah ke banyak profesi. Ibu-ibu muda bisa mencari nafkah dari rumah seraya mengaktualisasikan dan mengekspresikan diri.

Kian banyak majalah membutuhkan artikel dari freelancer. Banyak media bersaing di segmentasi yang kian ketat serta dikelola oleh tim yang makin kecil dan karenanya membutuhkan pasokan tulisan dari freelancer.

Tidak semua artikel di majalah bersifat serius seperti komentar politik, budaya atau sosial. Di tengah luasnya bahan bacaan, yang membuat banyak orang merasa “terlalu banyak sehingga tak terbaca”, tulisan-tulisan yang pendek dan bersifat praktis kian digemari. Inilah yang menjelaskan kian populernya majalah-majalah praktis seperti bagaimana menata rumah, bertaman, dan mengelola keuangan pribadi.

Tradisi freelancer belum banyak berkembang di Indonesia. Honor tulisan di koran atau majalah relatif kecil. Yang pertama-tama bisa dilakukan penulis pemula adalah memperluas pemuatan artikel. Salah satunya dengan menganekaragamkan jenis artikel yang ditulis.

Ada beberapa jenis yang paling banyak muncul di koran atau majalah, tapi yang paling populer adalah: artikel kiat (“how to”).

Dalam artikel kiat, Anda menunjukkan kepada pembaca bagaimana melakukan sesuatu. Artikel jenis ini bisa menjadi cara efektif penyebaran pengetahuan dan ketrampilan.

*Dari memasak sampai mendidik anak

Contoh klasik artikel kiat adalah tulisan yang dimuat di rubrik dapur atau memasak. Atau panduan pemakaian (user’s guide) dalam kemasan setiap barang yang kita beli termasuk meminum obat batuk misalnya: tiga kali sehari, satu sendok makan, ditelan satu jam setelah makan.

Tapi, topiknya bisa jauh lebih luas dari itu: bagaimana berkebun anggrek, mencuci karpet, mengajak anak menyukai musik klasik, menggunakan kartu kredit secara bijaksana, membersihkan busi sepeda motor, bagaimana menghadapi dan mendidik anak penderita autis, bagaimana mengisi formulir pajak, bagaimana menulis cerpen, bagaimana membuat website sendiri, hingga bagaimana menjual rumah secara fektif.

*Profesor pun perlu dipandu

Artikel seperti ini cenderung makin populer karena orang, betapapun pintarnya, ingin tahu bagaimana mengerjakan sesuatu dari orang lain. Bahkan seorang profesor fisika, misalnya, sering harus dipandu untuk melakukan hal-hal sederhana seperti memperbaiki kran air yang mampet.

Orang bisa menulis artikel seperti ini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan sendiri yang benar-benar dikuasainya. Itu sebabnya bisa ditulis oleh siapapun: dokter, arsitek, pengacara, montir mobil, pialang saham, guru, ibu rumah tangga.

Banyak orang memiliki pengalaman, ketrampilan dan pengetahuan spesifik yang berguna bagi orang lain. Tapi, bagian tersulit, bagi orang yang tidak terbiasa, adalah menerjemahkan itu semua dalam tulisan.

*Jebakan seorang “pakar”

Artikel kiat harus ditulis sederhana dan dengan bahasa populer. Salah satu jebakan bagi seorang “pakar” adalah menganggap semua orang punya level pengetahuan yang sama dengan dirinya atau tidak cukup punya kesabaran untuk menjelaskan pada orang “awam”: terlalu banyak istilah teknis, kadang dalam bahasa asing, atau jargon dan akronim yang hanya dipahaminya sendiri.

Artikel kiat harus bisa dibaca oleh siapa saja dan justru dimaksudkan untuk memandu pembaca yang awam dalam bidang tertentu.

*Bagaimana memulai

Cara berlatih menulis artikel seperti ini adalah dengan mulai menulis untuk topik yang sederhanya, misalnya, panduan membuat nasi goreng saus udang untuk pembantu rumah tangga Anda yang baru.

Atau menulis topik lain yang benar-benar Anda kuasai, lalu sodorkan pada teman atau kerabat Anda yang paling tidak akrab dengan topik itu. Anda belum berhasil jika masih terlalu banyak pertanyaan yang mereka ajukan.

Anda harus membuat “instruksi” sederhana namun cukup spesifik. Panjang (berapa cm), panas (berapa derajat celcius), pagi (antara jam berapa sampai berapa) dan seterusnya. Pakailah istilah sehari-hari. Buatlah ilustrasi yang akrab dengan pembaca. Jika panduan Anda melibatkan serangkaian langkah, berikan nomor dari tiap langkah. Jika perlu gunakan gambar, foto atau ilustrasi.

*Dari tulisan ke video

Tidak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa banyak belajar dengan meniru dari apa yang dilihat. Panduan seringkali lebih efektif disampaikan lewat gambar dan video. Jika Anda punya kamero video, gabungkan ketrampilan Anda menulis dengan membuat video sederhana untuk topik-topik tadi. Anda akan kesulitan membuat video seperti itu jika tidak pertama-tama membuat “script” atau skenario yang
bertumpu pada kemampuan menulis.

Saya tidak tahu apakah ada “ceruk pasar” video kiat di televisi kita. Namun, dengan maraknya stasiun televisi, makin banyak jam siar yang harus diisi. Dan pasokan dari para freelancer makin dibutuhkan. Anda bisa mengimbangi jenuhnya tayangan infotainment dan sinetron buruk dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan bermanfaat yang disampaikan dengan cara menghibur, sederhana, dan memudahkan.

Jangan takut atau malu untuk menulis hal-hal sederhana dan nampaknya sepele, jika yakin karya itu bermanfaat bagi khalayak.

————
Kantor Berita Pena Indonesia
http://www.penaindonesia.com
[naskah ini ditulis dengan semangat “copy left”, boleh dibajak dan disebarluaskan secara cuma-cuma]

10 thoughts on “Tips Penulisan – Artikel Kiat

  1. Oya, salam kenal. Saya suka tips Anda. Apakah benar bahwa nama dari pengirim tulisan di media massa itu sangat berpengaruh terhadap dimuat dan tidaknya artikel

  2. Salam kenal mas,
    Saat ini saya ingin sekali coba-coba mengirim tulisan ( artikel/opini) ke media kampus n insya Allah koran lokal juga,tapi saya masih bingung dengan tema yang akan saya angkat dan tehnik penulisannya yang baik. Tolong tips & sarannya mas. Karena saya baru mulai ingin mencoba

  3. Salam kenal mas,saya kan seorang mahasiswa,saya ingin sekali kerja sampingan lewat mengirim artikel/opini ke koran.Saya minta tips dan sarannya khususnya untuk pemula.Trims

  4. Salam kenal yaaa…..
    Sy seorang mahasiswa, dari dulu pengen bgt nulis artikel,tapi saya bingung mzti mulainya dari mana…mungkin bs dibantu yaaa…
    Kasih tau dari awanya yaaa…
    bs dikirim ke e-mail saya ajah..
    thx bagt sebelumnya….^_^

  5. MESKI MASIH BELUM PAHAM TRIMA KASIH BANGET ATAS TIPSYA….SAYA MAHASISWA SMESTER AWAL YNG UDAH DAPAT TUGAS BIKIN ARTIKEL TAPI BINGUNG CARANYA…IDE ADA TAPI GAK BISA MENUANGKANYA….MOHON BIMBINGANYA..TRIMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s