Pantai Teleng Ria, Pesona Alam Pacitan

Sebagai salahsatu Kabupaten di Jawa Timur, Pacitan memiliki potensi wisata yang sangat besar. Berada di pesisir selatan Pulau Jawa, menjadikan Pacitan sebagai kabupaten yang memiliki banyak pantai. Dan pantai-pantai di Pacitan memiliki panorama indah dengan hamparan pasir putihnya.

Salahasatu pantainya yang dekat dengan pusat kota adalah Pantai Teleng Ria. Berjarak sekitar 3 km dari pusat kota, Pantai Teleng Ria merupakan pantai yang berbentuk teluk atau menjorok ke darat. Dari bibir pantai, kita kita dapat melihat deretan pegunungan kapur yang berada di kanan-kiri pantai. Hembusan angin dari pegunungan itu juga membuat udara di pantai terasa sejuk.

Hamparan pasir putih membentang di tepi pantai melengkung setengah lingkaran di teluk itu sepanjang 3 km. Pada musim libur lebaran 2010 kemarin, ribuan orang berkunjung ke Pantai Teleng Ria setiap harinya. Pada hari kedua dan ketiga lebaran, Selain dikunjungi pemudik asal Pacitan, Pantai Teleng Ria juga dikunjungi para pemudik kota-kota sekitarnya.

Sepeda motor dan mobil hingga puluhan bis memadati lapangan parkir Teleng Ria. Plat nomor kendaraan itu beragam, muloai dari Jakarta, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, hingga Bali.

Di Pantai Teleng Ria Pacitan juga kita bisa mendapatkan ikan-ikan laut segar. Dan jangan lupa, nikmati juga kuliner khas pacitan bernama sayur kalakan. Sayur santan dengan bahan dasar ikan hiu ini bisa disantap dengan nasi thiwul dan sambal bawang.***

About these ads

4 thoughts on “Pantai Teleng Ria, Pesona Alam Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s