Mahasiswa Unswagati Cirebon Gunakan IT untuk Berprestasi

Komputer dan internet bisa menjadi alat yang efektif dan murah dalam mendukung proses belajar dan brinteraksi bagi kalangan kalangan kampus. Namun, manfaatnya belum banyak dieksplorasi, kecuali sebagai pengganti mesin ketik, browsing serta bertukar email.Padahal, di samping sebagai alat komunikasi yang tangguh, komputer dan internet (Information and Communication Technology/ICT) bisa sangat membantu dalam berbagai hal. Misalnya; manajemen kantor, manajemen kolaborasi kegiatan, penyebaran informasi, serta mengurangi ongkos barang cetakan.

Puluhan mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon sadar bahwa teknologi informasi dapat mempermudah aktivitas dan studinya. Puluhan mahasiswa tersebut, Sabtu (8/12), menggelar workshop teknologi informasi.

Dalam workshop tersebut pasukan Cirebon IT Community (CITC) mengajak para mahasiswa untuk mengoptimalkan teknologi informasi. “Dengan internet kita bisa melakkan apa saja. Tapi dengan sedikit pengetahuan teknis, internet pasti akan membantu perkuliahan dan menambah jaringan. Itu akan bermanfaat saat selesai kuliah dan mencari pekerjaan,” papar Harry Hidayat, pegiat CITC pada kesempatan workshop tersebut.

Aksi pegiat CITC yang dipimpin langsung ketua umumnya, Dedi Budi Darmawan dalam mencari akses internet secara kilat membuat puluhan mahasiswa berdecak kagum. “Lempar kabel sana-sini dan hanya goyang-goyang antena saja kok bisa ya mendapat akses internet dengan cepat,” ungkap Ratna, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unswagati.

Setelah aksi CITC yang mampu menghadirkan koneksi intersi secara singkat ke ruang belajar, acara yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa Keilmuan Unswagati itu dilanjutkan dengan pengenalan email dan blog. Pada saat itu juga mahasiswa diminta untuk membuat email dan blog. Setelah itu diberi tips-tips penulisan. Sehingga mereka bisa mengisi blognya dengan berbagai tulisan mereka.

Dalam kesempatan itu juga, CITC memperkenalkan distro linux beraroma Cirebon bernama Xintren. CITC menunjukkan bahwa linux selain murah karena “free”, juga mudah digunakan. Dengan sekeping CD Xintren, kita dapat menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dengan komputer secara legal.

Acara yang berlangsung dari pukul 8.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB tersebut terasa singkat. “Semoga acara seperti ini tidak usai sampai di sini saja,” ucap satu peserta.

Suhendi, salah satu panitia mengatakan bahwa pihaknya akan membuat agenda rutin. “Nanti kami akan buat agenda rutin hingga mahasiswa Unswagati dapat mengoptimalkan teknologi. Tentunya kami juga akan berupaya agar pihak kampus menyediakan akses internet bagi mahasiswa secara cuma-cuma,” paparnya.

Rencana tindak lanjut dari acara itu adalah workshop-workshop yang lebih intensif dalam penguasaa dan penggunaan teknologi. “Materinya seputar IT dan penulisan.” imbuh Suhendi***

About these ads

31 thoughts on “Mahasiswa Unswagati Cirebon Gunakan IT untuk Berprestasi

  1. yups..
    jaman sekarang gitu loh..
    kalo gak pake IT ya ktinggalan..
    tapi klo aku masih menggunakan teknologi IT cuma seputar blog ajah.. ntah kapan bisa dibilang berprestasi..
    hehehe..

    btw..
    kmaren aku k tjPinang.. hhhh… seharian hujan bikin bete.. jd gak bisa jalan2 ke lobam, uban dan laennya.. :(

  2. @ orido
    Wuih… Jadi kangen Piang euy, padahal kotanya cuma segitu-gitu aja. Tapi pantai dan sop ikannya mantab.

    @ aryo
    doc, xls tidak ada masalah. Cobain dulu aja Linux yang Live CD, jadi gak perlu diinstal di komputer. CD Xintren dan Ubuntu di Rumah Pena ada. Mo nyoba linux ya, ke Rumah Pena aja sambil ngupi-ngupi ampe gak bisa tidur.

  3. wow mahasiswa cirebon sudah menjamah IT
    bagus lah karena tanpa mengenal IT kita akan ketinggalan
    tapi jangan hanya karena IT kita lupakan budaya asli kita

  4. Teknologi IT saat ini sangat perlu untuk kontribusi mahasiswa unswgati. biar ga monoton ya beli Wong? kata orang cirebon. Maju terus Unswagati lebarkan sayapmu di teknologi Dunia.

  5. iyach DOnk IT sangat epenting banget.. wah bangga euuy jadi orang cirebon,, sekarang cirebon udah maju yach… termasuk dunai IT nya.. gak kaya dulu. yach moga dunia IT di cirebon seamik maju dechh, dan denger2 katanya ada yg membuat DISTRO LINUX juga yach?? bener ga?? mohon pencerahnnya.

    bisa disampaikan lewat blog aku di http://agoenk70.net

  6. iyach DOnk IT sangat penting banget.. wah bangga euuy jadi orang cirebon,, sekarang cirebon udah maju yach… termasuk dunia IT nya.. gak kaya dulu. yach moga dunia IT di cirebon semakin maju dechh, dan denger2 katanya ada yg membuat DISTRO LINUX juga yach?? bener ga?? mohon pencerahnnya.

    bisa disampaikan lewat blog aku di http://agoenk70.net

  7. wii….ckrng nambah kern aza.maju terus pandidikan di daerah cirebon: kt2 nak indramayu gw susul tapi sambil nyantai bo………

  8. pak ….. turun akhir taon ne.
    bagus ga..?
    Cos dari dulu FE ga da gebrakannya.
    monoton abis.!
    terus kreatif dan inovatif makannya buat mahasiswanya,klo ngandelin dosen ga mungkin maju.wong dosennya za blum tentu 100%mo majuin ko.yg penting dapat jatah,upss!

  9. tolong ingatkan mahasiswa anda yg mengaku bernama vicki pratama untuk tidak menghalang-halangi pembentukan provinsi cirebon.kami sebagai masyarakat yg pernah dilahirkan di cirebon siap berjihad demi terbentuknya provinsi kebanggaan kami provinsi cirebon !

  10. mana IT UNSWAGATI ??? web aja belum punya???
    kenapa minim bgt kerjasama dengan universitas negeri ternama di Indonesia??
    sebagai putra daerah Cirebon saya merasa prihatin dengan hal itu,,

    motivasi saya sebagai putra daerah adalah ingin memejukan universitas di Cirebon walaupun saya tidak kuliah ditempat tersebut,, karena menurut saya itu suatu tangging jawab moral,,

    disampaikan dari Universitas Diponegoro Semarang,, berperingkat ke 3 Indonesia dan 348 dinia,,, heheehee,,

    tapi kami merasa TI / IT kami belum unggul, tidak seperti UNSWAGATI yang belum ber IT tapi sudah mengaku maju,, mohon maaf sebelumnya,, jadikan ini sebagai suatu motifasi kedepan,,

  11. ya benar hidup d jaman sekarang no GAPTEK TI apalagi 2015 AFTA akan bebas keluar masuk indonesia dan 2025 indonesia akan bersaing dengan jepang TI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s