Langkah-langkah Menulis Artikel

Jika kita naik sepada, biasanya kita selalu mulai dengan memegang stang, lalu mengayuh pedal. Selanjutnya kita tinggal mengatur irama kayuhan agar tetap seimbang. Begitu juga dengan menulis. Kita mulai membuat topik dengan satu kalimat sederhana (Saya akan menulis……..)

Ada beberapa kaidah dalam penulisan populer, antara lain:
1. Menulis Jelas dan Ringkas
2. Mengindari jargon dan istilah teknis, istilah asing
3. Menghindari akronim dan singkatan
4. Membuat kalimat/paragraf sederhana
5. Menulis dengan kata kerja aktif

Tugas seorang penulis adalah membuat sesuatu informasi yang dikumpulkan dan dilaporkan menjadi jelas bagi pembaca. Ketidakmampuan menekankan kejelasan adalah kegagalan seorang penulis.

Menulis secara jelas membutuhkan dua prasyarat:
1. Si penulis harus memahami betul soal yang mau ditulisnya, bukan juga pura-pura paham atau belum yakin benar akan pengetahuannya sendiri.
2. Si penulis harus punya kesadaran tentang pembaca.

Sebuah tulisan yang jelas juga harus memperhitungkan syarat-syarat teknis komposisi:
1. Tanda baca yang tertib.
2. Ejaan yang tidak terlampau menyimpang dari yang lazim dipergunakan atau ejaan standar.
3. Pembagian tulisan secara sistematik dalam alinea-alinea. Perlunya disiplin berpikir dan menuangkan pikiran dalam menulis
4. hingga sistematika tidak kalang-kabut, kalimat-kalimat tidak melayang kesana-kemari, bumbu-bumbu cerita tidak berhamburan menyimpang dari hal-hal yang perlu dan relevan.****

40 thoughts on “Langkah-langkah Menulis Artikel

  1. ih…ikram nakal. Ntar dijewer Bill :)

    Kalau untuk naskah koran biasanya pakai gedit. Biar bisa langsung nyemplung ke Scribus :)

    Be Legal!
    Gak mampu beli yang berlisensi, pakai Open Source!

  2. Pak Asep, terima kasih atas infonya.

    Btw, pada dua syarat di atas, tidak adakah kata lain untuk menggantikan “harus”? Menurut saya, kata ini terasa berat. Kekuatan kata ini mungkin malah akan “membunuh” para calon penulis.

    Bagaimana bila diganti “sebaiknya”? Atau, Pak Asep punya alternatif lain?

    Salam kenal,
    Adi Nugroho
    http://axireaxi.wordpress.com/

  3. Nambah lagi, tentang OOo dan GEdit. Pak Asep sudah pernah coba LyX?

    Oya, semua software yang “Open Source” itu juga berlisensi lho Pak. Lisensi tidak hanya dipunya produk keluaran Microsoft atau kawan-sealirannya.

    Meski sama-sama punya lisensi, tapi isinya sangat beda.

    CMIIW

    (^_^)

  4. Bung Adi terima kasih atas komentarnya. Karena itu syarat maka saya menggunakan ‘harus’.

    Kalau terkesan memaksa ya mohon maaf. Tapi ini hal yang paling mendasar. Bagaimana bisa membuat pembaca paham kalau penulisnya tidak menguasai apa yang ditulis.

    Penguasaan tersebut tidak perlu terlalu canggih. Yang penting apa dan bagaimana, seperti halnya aksi dan reaksi.

  5. Oya saya gagal menulis jelas. Lisensi ada yang tertutup. Ada yang bebas dan lisensi milik publik. Apalagi ya?

    Free tidak selalu gratis. Free bermakna bebas. Bebas menggunakan, memodifikasi dan mendistribusikan.

    Saya hanya menggunakan oOo dan gedit saja.

  6. “… Saya hanya menggunakan oOo dan gedit saja.”

    oOo itu OpenOffice.org ya Pak?

    Kalau benar, berarti nulis singkatnya “OOo”, atau “OO.o”.
    Itu setahu saya. Sebab bila kita keliru menuliskannya di media, wah… bisa berabe (^_^)

    Rujukan
    http://www.openoffice.org/

  7. Ya. Anda tepat. OpenOffice.org harus ditulis “OOo”, atau “OO.o”. Jadi sebaiknya memang menghindari singkatan :)

  8. Karena pingin bisa menulis artikel bagus akhirnya sama kantor dikursusin…dan referensi ini aku pake buat bikin tugas artikel. Thx banget loh.

  9. Mmmm…. Bedanya artikel dengan feature apa yah? Terus terang kalau lagi baca koran gitu kadang kadang bingung apakah itu termasuk artikel atau itu termasuk tulisan feature… Jelasin dunk… Butuh nih… Thankz…

  10. Assalamualaikum…
    biar lebih lengkap, bagaimana kalau di kasih contoh artikelnya juga.tapi sebenernya asyik kok, gampang sekali di pahami. thanks

  11. wah tolong nih?..aku bingung dengan istilah penulisan artikel yang menggunakan standart APA,MPA dll..maksudnya gimana sih??..oh ya..gimana cara menulis artikel berita untuk sebuah website??..tolong ya :)

  12. hei…lam knl,,,
    bleh gabung?

    saya bingung untuk mengawali sebuah tulisan dan untuk mempertahankan sebuah ide,,,
    ada yang punya solusidari pertanyyaan saya?

    tq

  13. masih bingung niihh,,saya kan pgn banget bisa nulis suatu artikel. tapi saya tidak bisa mengawali tulisan yang akan saya buat..
    dan mengenai mencari informasi,,bagimana caranya?????
    pakah hanya dengan observasi saja atau seperti apa????

    tell me pliiizzz..

  14. saya gaptek jadi saya tidak akan berkomentar tentang Open Source (kayak kerjaan ajah :D)
    saya hanya mau berkata :
    Belajar Menulis BUKAN Belajar Tentang Menulis.
    jadi, ya tulis laaah!!! :D
    NB : kalok dimuat syukur gak dimuat yah artinya ide jualan kalian, kita, tidak / belom laku ;)

  15. Lam kenal, ikut gabung ya! Meski hobi baca and ngomentarin pikiran orang lain, tapi ternyata susah banget nulis artikel, padahal ide sering nongol. Tolongin dong, gimana mengembangkan ide menjadi sebuah artikel yang enak dibaca dan logis.

  16. sepertinya, kalo nulis cerpen lebih gampang daripada artikel, saya pengen banget buat artikel menarik dan logis. Sebab setiap mau mulai nulis, jari-jarinya kaku di keyboard..he..he. Tolong Dunk :)

  17. q bener2 dari nol tentang ilmu 2 menulis,masih bingung musti mulai dari mana…susah bgt memahami sebuah kalimat apalagi mw nulis sebuah artikel,jadi minder rasanya tapi dalam niat saya slalu berkata HARUS bisa,mohon supportnya,thx…………..

  18. saya sangat nol tentang penulisan artikel. tolong jeskan dan kirimkan trik-trik menulis artikel. dan hal terpenting apa yang harus saya lakukan…
    tolong kirim ke alamat email saya.

  19. Misi mas…numpang tanya…. kalau nulis artikel buat mading tentang event2 seru gimana donk prosedurnya? sama ya syaratnya seperti diatas?

Leave a Reply

