Menjadi Jurnalis

Belajar meliput dan menulis berita sama dengan belajar berenang; Anda hanya bisa jika punya keberanian masuk ke air dan mulai berenang. Menjadi jurnalis pun begitu. Kemahiran Anda meliput dan seberapa cemerlang tulisan Anda tergantung pada pengalaman dan kesungguhan Anda belajar. Selama Anda menghargai proses belajar menjadi jurnalis, selama itu pula pintu kesuksesan terbuka untuk Anda. Prinsip-prinsip berikut bakal membantu Anda mengawali karir di dunia jurnalistik — jika Anda setuju, cetaklah dan tempelkan di dinding kamar Anda.

Tak ada yang menodongkan pistol ke kepala dan memaksa Anda menjadi jurnalis. Anda datang atas kemauan sendiri, karena Anda mencintai dunia tulis-menulis, mampu mengendus berita dan punya ikatan pada orang kebanyakan. Asah lah kerajinan menulis Anda, ketajaman akan berita dan kepekaan terhadap orang-orang di jalanan. Asah lah selalu dan terus-menerus. Menggerutu boleh, asal jangan terlampau banyak.

Pikirkan selalu pembaca, pirsawan dan pendengar Anda. Katakan pada mereka sesuatu yang baru, setiap hari. Itulah yang membuat mereka rela mengeluarkan Rp 1.000 atau Rp 2.000 dari kocek untuk selembar koran. Cari tahu siapa mereka dan menulislah untuk bisa mereka baca. Jika Anda bisa bilang “go to hell” ke mereka, Anda sendiri lah yang pertama-tama akan masuk ke neraka. Lalu, koran atau majalah, televisi atau radio Anda.

Membacalah setiap hari — tiga atau empat buku setiap kali dan semua jenis majalah. Bacalah sebanyak mungkin untuk menjadi penulis terbaik. Bacalah Shakespeare dan karya-karya sastra lain seperti Anda membaca Al-Quran atau Bible sepanjang hayat. Bacalah karya sastra klasik — untuk mengetahui bagaimana pikiran-pikiran besar masa silam mengekspresikan dirinya sendiri.

Suapi otak setiap hari, seperti Anda menyuapi perut. Petinju hebat tak bisa mengandalkan daging yang dimakannya 10 tahun lewat. Wartawan tak bisa menulis baik dengan pikiran 10 tahun silam. Jagalah agar otak tetap terbuka terhadap gagasan dan pikiran baru.

Jangan arogan dan bersikap menghakimi orang lain. Mereka yang tak setuju dengan Anda tidak selalu berarti tolol atau gila.

Jauhkan diri dari memuja stereotipe. Sebab: hidup di desa belum tentu damai; birokrat belum tentu korup; haji dan pendeta belum tentu alim; dan anak yang membunuh ibunya belum tentu durhaka. Gali lah fakta hingga ke dasar-dasarnya.

Jangan terpukau pada omongan pejabat, para pakar, tentara, dan polisi. Kutip mereka sedikit mungkin. Gali cerita dari lapangan. Berbicaralah dengan orang-orang di jalanan, di tempat peristiwa.

23 thoughts on “Menjadi Jurnalis

  1. Tulisan yang bagus dan bisa jadi masukkan buat saya yang tertarik pada dunia jurnalis tapi belum begitu memahami dengan baik tentang jurnalisme.

    tapi terlalu singkat…saya harap ada artikel yang lebih bisa dijadikan panduan untuk orang-orang awam yang ingin terjun kedunia jurnalis.

  2. KERen bangeet dech artikelnya dan saya sebagai pelajar smk yang ingin menekuni dunia jurnalisme sangat tertarik dengan hal2 di atas. kalau bisa perbanyak artikel untuk pemula. Terus terang saya sangat ingin belajar tentang dunia jurnalisme. tolong dibantu dengan artikel2 yang sangat bermanfaat bg pemula seperti saya

  3. Kena banget,..Tapi untuk paragraf terakhir aku sedikit ragu…bukankah saduran dari para pakar menjadi bagian paling asyik bagi penikmat berita?so..how??

  4. saya sangat tertarik pada dunia tulis menulis, tapi karena keterbatasan waktu untuk mempelajari bagaimana cara menulis yang baik maka saya ingin tahu bagaimana cara menulis yang benar dan mampu mengajak seluruh pembca jadi termotivasi dan tidak bosan dan penasaran hingga membaca sampai akhir.

  5. ThaNk’S, aKu MeNJaDi LeBiH mERaSa bERgUna kaReNa aKu TeRmOTiVaSi uNTuK mEnULiS SegaLa SeSuaTu YaNg mEmBuaT aKu LeBiH diKeNaL oRaNg.CiTa2 qU mEnJadI oRaNg YaNg bISa dIbaNggaKaN.
    HoRaS . . . .

  6. Gw sangat berminat didunia jurnalis dan ingin jadi wartawan, tapi gw tidak tahu harus mulai darimana ?
    Gw juga mau tanya nich . .
    Gimana cara nya menjual tulisan/berita, tapi gw bukan seorang wartawan . . .
    Bagi teman teman yang mengerti tolong kasih tahu donk cara ny . . .
    Nie alamat email saya
    khipratama@yahoo.com
    thx ya . . .

  7. saya sangat tertarik untuk menjadi jurnalis,saya sudah mencoba menulis berbagai masalah,tapi saya tidak tahu harus memuat nya di mana.tolong dong ksh tahu crnya.
    ini alamat email saya
    mauliji64@yahoo.co.id.

  8. aku pengen sekali mjd jurnalis profesional…bekerja dan berkgelut di bidang itu…tapu aku g ngerti apa saja tahapan dan sasaran yang harus aku lalui untuk mencapai itu…mohon bantuannya jika ada yang mengetahui informasa itu

  9. hidup q datar..
    cita-citaku ingin menjdi seorang jurnalis, namun pengetahuan dan pendidikanku minim tentang hal yang menyangkut jurnalistik.
    adakah artikel yang lebih terperinci lagi untuk bisa menjadi seorang jurnalis???

  10. cita-citaku ingin menjdi seorang jurnalis, namun pengetahuan dan pendidikanku minim tentang hal yang menyangkut jurnalistik.
    adakah artikel yang lebih terperinci lagi untuk bisa menjadi seorang jurnalis???

  11. That is most likely the most effective articles I’ve learn in a very long time, I just wish there have been extra goodies on the internet as of late, thanks and may God Bless you my child. LOL

  12. gimana ak haruz mengawali perjuangan mnjadi jurnalis, dg terbentur dana yg pas pasan.
    karena kerjaan ini kan mondar mandir. mnurut saya.
    akan tp,. mjd jurnalislah yg ak inginkan.
    tlg di kasih tau caranya… buat pemula spt saya. yg bner2 blm tau apa2 ttg jurnalish yg sbenarnya.

  13. sya ingin skali mnjadi jurnalis,trutama pda saat sya skolah… sya ingin skli memahami cra mnjadi jurnalis dan bentuk2 kta yg digunakan…. tlong bantu sya menjadi jurnalis yg hebat,,,,,,,,,,, please….

  14. aku sangat senang membaca tulisan abang.
    N mungkin jika aku berhasil menjadi jurnalis.
    Pasti tulisan ini akan aku pajang dikamar aku.
    Terima kasih ya bang.

  15. aku seneng dah dapat info mengenai jurnalis,tp aku msh bngun dengan jalur yg harus aku ikuti untuk jadi jurnalis,
    karna aku ingin sekali jadi jurnalis aku awam akan semuah itu tlng donk bimbingan’y,,,,,,atau info yg lebih akurat tuk jadi jurnalis,,,,tq’x ya

Leave a Reply

